Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Kotim Kerjasama dengan UMPR

KERJA SAMA : Rektor UMPR dan Bupati Kotawaringin Timur sepakat untuk gotong-royong demi meningkatkan SDM di Kabupaten Kotawaringin Timur.

PALANGKA RAYA –  Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR). Kerjasama itu merupakan salah satu wujud agar SDM di Kotim dapat berprestasi dan menjadi SDM yang berkualitas dengan adanya kerjasama tersebut.

Bupati Kotim, H. Halikinnor, S.H, M.H menyampaikan, kerjasama dengan UMPR bukan hanya meliputi kerjasama di bidang pendidikan, namun juga menyangkut bidang penelitian, bidang pengabdian masyarakat, hingga penyediaan tenaga alumni yang berkualitas.

Tentunya untuk mendukung hal tersebut, Pemkab Kotim melakukan penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) dengan UMPR. Naskah kerjasama ini ditandatangani langsung oleh Bupati Kotawaringin Timur, H. Halikinnor, S.H, M.H dan Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. Penandatanganan kerjasama ini dilakukan di Rumah Jabatan Bupati Kotim pada Senin malam (29/3).

Dikatakan H. Halikinnor, S.H, M.H, MoU ini merupakan bentuk kepedulian kepada para SDM di Kotim untuk meningkatkan kualitas pendidikannya dengan cara melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Dengan meningkatnya kualitas pendidikan SDM di Kotim maka Kotim akan semakin maju dalam pembangunan,” ujar H. Halikinnor, S.H, M.H pada Senin (29/3).

Menurut Bupati, sebenarnya kerjasama dengan UMPR sudah berlangsung sejak lama. Bahkan mitra kerja yang terjalin selama ini berjalan dengan baik.  Ia menilai, bahwa selama ini UMPR selalu mampu menawarkan ide dan gagasan terkait dengan pendidikan dan juga tanggap pada permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat luas khususnya di Kabupaten Kotim.

Di masa mendatang, terangnya, tantangan dan permasalahan tentu akan semakin kompleks, namun harus dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Kami selaku pemerintah daerah ingin kerjasama antara UMPR dengan Pemkab Kotim dapat terjalin dengan erat kedepannya,” harap Bupati.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Kotim ini juga memaparkan Kotim memiliki visi yakni terwujudnya Kotawaringin Timur sebagai Kabupaten yang ”Demokratis, Adil, Maju, Aman, Indah-Lestari, Mandiri, Taqwa, Profesional”.

“Tentunya untuk mewujudkan visi itu kami harus menyiapkan tenaga ahli dalam bidangnya, salah satu tempat untuk menimba ilmu di Kalimantan Tengah adalah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya ini,” kata Bupati yang dilantik pada 26 Februari 2021 ini.

Dengan adanya kerjasama ini, Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd tentunya akan sepenuh hati membantu untuk meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Kotawaringin Timur. “Apalagi Pembangunan di Kotim sedang berkembang pesat maka UMPR tentunya akan memfasilitasi agar SDM yang terlibat dalam pembangunan Kotim dapat memiliki kualitas yang unggul dan berkarakter”, ujar Dr. Sonedi, M.Pd pada Senin (29/3).

Seperti yang diketahui pada Senin (29/3), Rektor UMPR beserta rombongannya melakukan kegiatan kunjungan kerja ke Kabupaten Kotawaringin Timur. Selain Audiensi, pada Kunjungan Kerja ini dilakukan penandatangan MoU. Adapun Pejabat yang mendampingi Rektor UMPR antara lain Wakil Rektor I, Dr. Hj. Laksminarti, S.H., M.H.; Wakil Rektor III, Dr. Norcahyono, S.Pd.I, M.H.I.; Dekan FKIP, Hendri, M.Pd; dan para kabag lingkup UMPR seperti Kabag Keuangan, Kabag Humas dan Protokol dan Staf Kerjasama dan Urusan Internasional.

Sedangkan dari unsur Pemkab Kotim, selain Bupati juga turut hadir Asisten Administrasi Umum, H. Imam Subekti, S.Pt., M.M.; Kepala BKAD, Dra. Poraktina Ike Herita; dan Ramadansyah, SE, M.Ec.Dev. Diakhir kegiatan, Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. menyerahkan cenderamata kepada Bupati Kotim H. Halikinnor, S.H, M.H sebagai simbol kerjasama diantara dua instansi tersebut.

(ap/my)