UMPR Terus Berupaya untuk Meningkatkan Mutu dan Kualitas Kerja di Lingkungan Universitas

KUALITAS : Universitas Muhammadiyah Palangkaraya menggelar rapat capaian program kerja pada Rabu (19/5) guna meningkatkan Mutu dan Kualitas Kerja Universitas.

PALANGKA RAYA –  Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) terus berbenah guna meningkatkan kualitas dan mutu Universitas, salah satunya dengan menggelar Rapat Capaian Program Kerja. Rapat ini digelar pada Rabu (19/5) via platform Zoom Meeting. Rapat yang digelar secara daring ini dipimpin langsung oleh Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. Rapat ini dihadiri oleh para Jajaran Wakil Rektor 1, 2, dan 3. Selain itu juga hadir para Pimpinan Fakultas, Biro, Lembaga, Unit, hingga Kepala Bidang maupun Kepala Bagian di lingkungan UMPR.

Terdapat beberapa poin penting yang disampaikan oleh Rektor UMPR, Dr. Sonedi, M.Pd. pada rapat ini, diantaranya terkait Bidang Akademik dan Riset, Bidang Umum, SDM, dan Teknologi Informasi, serta Bidang Penerimaan Mahasiswa Baru, Kemahasiswaan, Tracer Study, dan AIK.

Terkait Bidang Akademik dan Riset, Dr. Sonedi, M.Pd. menekankan pada beberapa hal. Pertama, yaitu mengenai pelibatan mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Kedua, perlunya dilakukan validasi data penelitian dan PKM Dosen khususnya yang menyelenggarakan penelitian dan PKM secara mandiri. Ketiga, yaitu terkait singkronisasi data mahasiswa baik mahasiswa baru maupun mahasiswa lama. Keempat, perlunya pengembangan kurikulum. Kelima, yaitu aplikasi pembelajaran daring. Keenam, yaitu penyusunan pedoman magang/PPL bagi mahasiswa. Ketujuh, terkait system penjaminan mutu melalui akreditasi prodi. Selanjutnya yaitu Peningkatan jumlah luaran penelitian dan PKM di Sinta dan Scopus. Terakhir, yaitu mengenai Masa Studi S1.

Untuk Bidang Umum, SDM, dan Teknologi Informasi juga sama. Rektor UMPR menekankan pada beberapa hal diantaranya Kenaikan Jabatan Fungsional. “Kenaikan ini sangat kita dorong khususnya bagi Dosen yang masih Tenaga Pengajar maupun Asisten Ahli agar dapat menaikkan Jabatan Fungsional ke Asisten Ahli dan Lektor,”ujar Dr. Sonedi, M.Pd. Selain itu, pada bidang ini juga dibahas mengenai Deskripsi Jabatan (Sasaran Kerja dan Deskripsi Kerja), Sistem Informasi Terpadu, NIDN, hingga Uji Sertifikasi bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan.

Bidang terakhir yang dibahas yaitu terkait PMB, Kemahasiswaan, Tracer Study, dan AIK. Pada bidang ini, Dr. Sonedi, M.Pd membahas mengenai perlunya Pedoman PMB, Panduan Kegiatan Kemahasiswaan, Revisi Pedoman Pembinaan Kemahasiswaan, Rancangan Pelaksanaan Tracer Study, Pedoman Islami Warga Kampus, Pedoman kegiatan penerimaan mahasiswa baru, hingga penetapan daya tamping mahasiswa baru.

Dari pertemuan ini, tentunya Rektor UMPR mengharapkan agar semua Fakultas, Biro, Lembaga, dan Unit yang ada di UMPR dapat berkoordinasi dengan sebaik-mungkin. “Tentunya hal tersebut dimaksudkan agar mutu dan kualitas kerja di Universitas Muhammadiyah Palangkaraya dapat terus meningkat,”tutup Dr. Sonedi, M.Pd. pada Rabu (19/5). (ap/my)